Home » Uncategorized » HUT Polairud Ke 69, Polres Beltim Adakan Jalan Santai Berhadiah

HUT Polairud Ke 69, Polres Beltim Adakan Jalan Santai Berhadiah

Polres Beltim_ Manggar, Jumat 29 November 2019, dalam rangka menyambut HUT Polairud ke-69 tahun 2019, di Mako Polair Polres Belitung Timur di gelar acara jalan santai. Acara HUT Polair yang dilaksanakan oleh Kesatuan Polres Beltim di hadiri oleh Kapolres Belitung Timur AKBP Jojo Sutarjo, SIK, M.H, Wakil Bupati Belitung Timur Drs. Burhanudin, Danramil Manggar Mayor Djoko Lelono, para Perwira Polres Beltim dan Kapolsek jajaran, Ketua Bhayangkari dan ibu-ibu Bhayangkari Cabang Belitung Timur serta Forkopimda Kab.Beltim.

Polairud lahir ketika Menteri Dalam Negeri mengeluarkan keputusan tertanggal 14 Maret 1951 soal penetapan Polisi Perairan sebagai bagian dari Jawatan Kepolisian Negara terhitung mulai 1 Desember 1950. Keputusan ini disempurnakan lagi dengan dikeluarkannya Surat Keputusan Perdana Menteri RI tanggal 5 Desember 1956 tentang pembentukan Seksi Udara pada Jawatan Kepolisian Negara. Sejak itu, bagian Polisi Perairan menjadi bagian Polisi Perairan dan Udara. Di awal berdirinya, Polisi Perairan bermodalkan sebuah kapal “Angkloeng”. Baru pada akhir tahun 50-an, jumlah kapal bertambah hingga mencapai 35 buah. Sementara Polisi Udara hanya memiliki sebuah pesawat Cessna-180.

Setelah melalui beberapa kali perombakan, penyempurnaan organisasi baru terjadi pada tahun 1985. Satuan Utama Pol Air dilebur ke dalam Subditpol Air dan Satuan Utama Pol Udara menjadi Subditpol Udara. Kedua subdirektorat ini beroperasi dibawah kendali Direktorat Samapta Polri. Hingga akhirnya berkiblat kepada sejarah kelahirannya, 1 Desember diputuskan sebagai hari keramatnya Polairud.

Gerak jalan santai yang di canangkan dan di prakarsai oleh Kapolres Beltim AKBP Jojo Sutarjo, SIK, M.H mengambil lokasi Start dan Finish di Depan Mako Sat Polair Polres Beltim yang mana bertepatan kondisi tempat dengan salah satu tempat wisata di Kab.Beltim (Pantai Menara).

Wakil Bupati Beltim sangat mengapresiasi kegiatan yang sudah dilakukan oleh Polres Beltim khususnya Sat Polair, karena sangat sering dan berkali-kali mengajak masyarakat untuk menjaga lingkungan khususnya kebersihan Pantai Menara dan itu merupakan salah satu cara untuk  melakukan pendekatan dengan masyarakat. Hal tersebut disampaikan oleh Wakil Bupati Beltim pada saat menyampaikan kata sambutannya “Saya sangat mendukung dan mendorong masyarakat bersama Polair Polres Beltim agar terus meningkatkan sinergisitas menjaga kebersihan pantai, mari bergandengan tangan bersama-sama membangun daerah Beltim ini supaya tetap bersih dan nyaman”

Saya yakin Sat Polair berusaha keras untuk menjaga kebersihan Pantai dengan terus melakukan kegiatan bersih Pantai yang sudah dilakukan berulang kali dan saya sangat salut, apa lagi menjelang kegiatan hari ini, sudah sejak dari kemarin Sat Polair berbenah khususnya untuk hal kebersihan Pantai Menara.

Gerak Jalan Santai yang di mulai pukul 07.00 Wib menempuh jarak kurang lebih 3 kilo meter dengan rute mulai dari Kantor Sat Polair Polres Beltim mengelilingi jalan rumah penduduk Kampung Baru Desa Baru Kec.Manggar dan kembali lagi ke Mako Sat Polair. Gerak Jalan Santai langsung di lepas oleh Kapolres Beltim yang di dampingi oleh Wakil Bupati Beltim      dan untuk kupon undian hadiah yang berupa door prize pihak panitia dari Sat Polair sudah mempersiapkan dan membagikan kepada peserta di beberapa titik simpang rute gerak jalan santai. dv/syt